Minggu, 04 Januari 2015

Nulis Lagi

Hae.

Ajegile, udah lama gak nulis di blog, sekarang jari-jari dan otak gua malah kaku banget.

Ini tulisan gua yang baru setelah beberapa bulan gak nge-blog. Gak kerasa tahun sudah berganti, tiba- tiba udah memasuki bulan baru dan tahun baru.
Seperti kebanyakan orang lain, ada baiknya membuat target baru yang harus dicapai tahun ini. Tahun lalu sih gua sempet bikin, tapi kayaknya belom ada yang tercapai sama sekali.
Maklum, bikinnya waktu itu sambil ngekhayal tingkat dewa. Badan depan laptop, pikiran di dalem tanktop. Yah, namanya juga cowok.
Tapi sekarang, gua harus bikin gebrakan baru, atau kalo di-bahasa-inggris-in tuh jadi New Brack! #yaelah #maksabener

Salah satu target gua tahun ini adalah rajin menulis. Ya, menulis. Tahun lalu gua terlalu banyak menulis laporan praktikum, gua rasa modal itu cukup untuk kedepannya.
Yang jadi pertanyaan, apa yang mau gua tulis? Apa aja. Terserah gua, minimal 1 minggu tuh ada 1 buah tulisan yang akan gua posting disini.
Entah cuma berupa opini, kutipan, curhat, bahkan sampe artikel-yang-menurut-gua-penting-banget-sampe-harus-copas-dari-gugel.
Gua sih pengennya dari setiap tulisan itu ada hikmah yang bisa diambil, minimal ada pesan yang berguna buat orang yang baca nanti.
Kalo sampe ternyata gak ada hikmah yang bisa kalian ambil dari tulisan gua, well, gua rasa lo bisa sisihkan duit lo sebagian buat beli koran kalo mau cari tulisan berbobot.

Btw, sebenarnya sih gua pengen beneran "nulis". Menulis dalam arti sebenarnya, ambil pulpen atau pensil trus tulis di kertas. Bukan mengetik kayak gini.
Alasan gua simpel, gua pengen memperbaiki tulisan gua. Gua pengen tulisan tangan gua berkarakter dan (ehm) bisa dibaca.
Karena banyak temen-temen gua yang protes bahkan dosen pun ikut-ikutan protes kalo tulisan gua ini terlalu kecil untuk dibaca.
Komentarnya buruk semua, misalnya: "GILA! TULISAN LO GEDEIN DIKIT DONG! GUA GAK BISA LIAT! KACA PEMBESAR MANA KACA PEMBESAR?!"
Itu sih masih belom seberapa, gua masih bisa terima. Tapi kalo yang ini: "GILA! TULISAN LO KECIL BANGET! GAK MALU LO SAMA BADAN SENDIRI?!"
Oke, badan gua emang gede, but untuk yang satu ini: "GILA! TULISAN LO GAK KEBACA, NYET! GIMANA CARANYA GUA NYONTEK KERTAS UJIAN LO KALO TULISAN LO GAK KELIATAN?!"
Kalo untuk yang itu, waktu itu sih tangan gua diperban dan dia masuk rumah sakit. #oke #inimulaiserem #ternyatamasihadaRambodizamansekarang

Tapi gak semua sih ngasih komentar buruk, beberapa ada yang ngasih komentar positif.
Misalkan gua bisa nulis laporan praktikum di kertas HVS polos tanpa ada garis-garis bantu dengan rapih dan simetris. Gak semua orang bisa kayak gitu dan gua bangga.
Trus, meskipun tulisan gua kecil-kecil, tapi tulisan gua tuh konsisten kecil. Gak ada yang tiba-tiba gede kecil, ada tanda baca, trus ada rambu-rambu lalu lintas.
Itu doang yang bisa dibanggain :|

Salah satu target gua tadi adalah rajin menulis. Target berikutnya adalah jalan-jalan. Yoi, jalan-jalan.
Gua baru sadar bahwa jalan-jalan itu enak, asalkan duitnya cukup dan fisik mendukung. Tahun lalu gua sempet ngerasain jalan-jalan beberapa kali dan gua ketagihan.
Gua inget waktu itu dari Denpasar menuju Bogor lewat jalur darat, bukan jalur udara kayak orang mampu. Gua naik bis dari Denpasar menuju Pelabuhan Gilimanuk.
Lalu berlanjut naik kapal Feri menyebrang ke pulau Jawa, turun di Ketapang daerah Banyuwangi. Lalu dari Banyuwangi ke Bogor naik kereta api.
Dan pulangnya ke Denpasar pun tetap lewat jalur darat, ngikutin rute seperti saat berangkat cuma dibalik aja. Naik kereta api, broh!
Yap, naik kereta api! Udah gitu PP naik kelas eksekutif pula! Keren banget, kan? Etapi abis itu gua ngemil mie instan mulu :(

Gua juga inget beberapa bulan lalu gua diajak mendaki gunung di daerah Jawa Barat. Dan pengalaman itu emejing banget coy sampe bikin gua ketagihan buat naik gunung lagi.
Padahal gua tuh di Bali sering main ke pantai dan ngeliat gunung bertebaran, tapi entah kenapa mendaki itu lebih nikmat daripada sekedar melihat.
Dan gua sih pengen banget banget banget mendaki gunung Batur dan gunung Agung di pulau Bali. Tapi yah namanya juga manusia, berencana aja dulu biar mood yang menentukan.
Jeleknya ngerencanain naik gunung jauh-jauh hari sama beberapa temen tuh gitu, dari yang awalnya pada setuju ikutan ada 20 orang, ujung-ujungnya pas hari H cuma ada 2 orang.
Gua sih mendingan yang sifatnya dadakan. Rencanain siang ini, sore atau malemnya langsung beneran berangkat mendaki gunung. #kenapamalahcurhat

Yang paling gua inget dari tahun lalu berkaitan dengan jalan-jalan adalah gua berkunjung ke Pekanbaru, trus ngambil jalur darat.
Gua inget banget, waktu itu berangkat bareng keluarga, rombongan naik mobil, untuk menghadiri acara pernikahan siapa gitu lupa. #lah #tadikatanyainget #sekaranglupa


Mungkin itu aja salah dua resolusi yang gua bikin. Gua berharap sih lo juga bikin, tapi kalo bisa sih bisa terlaksana semua.
Yaa siapa tau aja resolusi lo gede-gedean trus ternyata beneran terlaksana, kalopun terlaksana tapi dalam skala kecil. Itu sih gua rasa lo perlu liat dari sudut lain dan bersyukur aja.
Seperti yang gua bilang tadi: "Yah, namanya juga manusia. Berencana aja dulu, biar mood yang menentukan."


Sejak kecil menjadi guru, sudah besar banyak pengalaman. Selamat tahun baru, teman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar